Ulang Tahun ke-100 Ford




Bersamaan dengan menandai ulang tahun ke-100 dari lini perakitan bergerak yang diciptakan oleh Ford Motor Company di bawah kepemimpinan Henry Ford, Ford memanfaatkan warisan inovasi ini dengan memperluas kemampuan manufaktur canggih dan memperkenalkan teknologi inovatif yang bisa merevolusi produksi massal dalam beberapa dasawarsa yang akan datang

Proses baru ini merevolusi produksi dan mengurangi waktu perakitan untuk satu kendaraan dari 12 jam menjadi sekitar 90 menit.

Dengan mengurangi uang, waktu dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membangun mobil bersamaan dengan Henry Ford menyempurnakan lini perakitan selama bertahun-tahun, Ford mampu menurunkan harga Model T dari $850 menjadi kurang dari $300. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kendaraan berkualitas menjadi terjangkau bagi masyarakat. Akhirnya, Ford memproduksi sebuah Model T setiap 24 detik dan berhasil menjual lebih dari 15 juta unit di seluruh dunia pada 1927, mencapai separuh dari semua mobil yang terjual saat itu.

"Pendekatan baru Ford menyebar dengan cepat, tidak hanya ke produsen mobil lain tetapi juga ke produsen piringan hitam, penghisap debu, lemari es dan barang-barang konsumen lainnya," kata Bob Casey, mantan kurator transportasi di The Henry Ford, dan penulis The Model T: A Centennial History. "Lini perakitan menjadi karakteristik gaya produksi Amerika."

Pada tahun 1914, Ford menetapkan "upah harian $5", upah yang signifikan pada saat itu, untuk memungkinkan karyawannya membeli kendaraan yang mereka produksi. Langkah ini menciptakan loyalitas di kalangan pekerja Ford dan diakui memunculkan konsumen kelas menengah baru yang tidak terhalang oleh batas geografis, bebas bepergian di jalan terbuka, tinggal di mana pun yang mereka inginkan dan mengejar impian “Amerika” mereka.

Para penggemar Ford hari ini menghormati Henry Ford dan lini perakitan bergeraknya yang orisinal. National Geographic Channel akan menandai peristiwa ini dengan sebuah film dokumenter mendalam baru sebagai bagian dari program “Ultimate Factories” yang ditayangkan pada hari Jumat, 18 Oktober. Informasi tentang film dokumenter ini dan jam tayangan lokalnya 

Untuk informasi tambahan, grafik, gambar dan video mengenai lini perakitan Ford, silakan kunjungi media.ford.com. (One)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form